Analisis Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Rokok Merek Sampoerna A Mild di Kota Bengkulu

Ully, Christ Metha and Basuki , Sigit Priyono and Apri , Andani (2013) Analisis Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Rokok Merek Sampoerna A Mild di Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,II-13-chr.FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,IV,LAMP,II-13-chr.FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk adalah salah satu perusahaan rokok di Indonesia. Sampoerna adalah salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang memproduksi rokok kretek. Produknya yang paling terkenal adalah rokok Sampoerna A Mild, yaitu rokok berfilter dengan pembungkus putih. Meskipun diberi nama “Mild” tetapi rokok ini mengandung tar dan nikotin dengan kadar yang sama dengan rokok Marlboro Red. Sampoerna A Mild mulai diproduksi dan diperkenalkan pada tahun 1989. Loyalitas konsumen adalah sikap dan perilaku seorang konsumen dalam menyukai suatu produk dibandingkan dengan produk lainnya dikarenakan oleh faktor kepuasan atas produk dan layanan yang diterima, kemudahan dalam mengonsumsi, atau perasaan nyaman yang ada saat mengonsumsi produk tersebut. Kepuasan konsumen adalah perbandingan antara harapan konsumen terhadap kenyataan yang dirasakan saat mengonsumsi suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan dan tingkat loyalitas konsumen terhadap produk rokok Sampoerna A Mild di Kota Bengkulu. Penelitian ini berlokasi di Kota Bengkulu dan dilaksanakan mulai bulan Maret sampai April 2013.Ada 100 orang responden dalam penelitian ini. Untuk menganalisis karakteristik konsumen digunakan analasis deskriptif. Untuk menganalisis tingkat kinerja dan kepentingan dilakukan dengan menggunakan Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index untuk amengukur tingkat kepuasan konsumen. Untuk mengukur tingkat loyalitas konsumen digunakan dua analisis yaitu dengan Customer Loyalty Analysis dan Brand Switching Pattern Matrix. Data dari hasil penelitian menunjukkan dari 100 orang responden, ada 94% lakilaki dan 6% perempuan. Responden-responden ini dibagi ke dalam empat kelompok usia dan sebagian besar di antaranya adalah responden dengan tingkat pendidikan terakhir adalah Sarjana dan SMA.Rata-rata konsumsi rokok per hari per konsumen rokok Sampoerna A Mild di Kota Bengkulu adalah 11 batang dengan rata-rata pengeluaran untuk konsumsi rokok per bulannya adalah sebesar Rp 303.900,-. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Customer Satisfaction Index, diketahui bahwa CSI untuk produk rokok Sampoerna A Mild adalah sebesar 0,71 yang berarti bahwa konsumen rokok Sampoerna A Mild di Kota Bengkulu sudah merasa puas dalam mengonsumsi rokok tersebut. Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa harga dan ukuran produk berada di kuadran I. Rasa, aroma, desain kemasan dan ketersediaan berada di kuadran II. Kandungan tar dan nikotin, informasi bahaya merokok, dan ketersediaan informasi untuk diakses berada pada kuadran III. Jumlah commited buyer Sampoerna A Mild di Kota Bengkulu adalah yang paling sedikit yaitu sebesar 12%. Hal ini dikarenakan sebagian besar responden menjawab bahwa mereka tidak merekomendasikan Sampoerna A Mild atau pun rokok lainnya karena sesungguhnya merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan. Brand Switching Pattern Matrix menunjukkan bahwa nilai Probability Rate of Transition (ProT) adalah 27,44% dengan jumlah konsumen yang tidak loyal adalah sebesar 24%

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 21 Oct 2013 21:42
Last Modified: 21 Oct 2013 21:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item