IMPLEMENTASI TEORI LINGUISTIK DALAM PENYUSUNAN BUKU AJAR (Studi Kasus pada Buku “Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas 4” untuk Siswa SD Kelas 4 Ditulis oleh Edi Warsidi dan Farika)

Gumono, Gumono (2015) IMPLEMENTASI TEORI LINGUISTIK DALAM PENYUSUNAN BUKU AJAR (Studi Kasus pada Buku “Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas 4” untuk Siswa SD Kelas 4 Ditulis oleh Edi Warsidi dan Farika). In: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, pp. 55-74. ISBN 978-602-8043-50-2

[img]
Preview
Text
6-Gumono.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (241kB) | Preview

Abstract

Saat ini, banyak buku teks pelajaran yang beredar, di antaranya sudah memperoleh rekomendasi penilaian kelayakan dari Pusat Perbukuan Depdiknas. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan kajian terhadap buku teks yang digunakan dalam pembelajaran bahasa. Secara khusus, tulisan ini mengkaji pengaruh aliran-aliran linguistik terhadap buku pelajaran bahasa Indonesia yang beredar di pasaran. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa buku pelajaran yang dikembangkan memang betul-betul mengandung unsur-unsur linguistik yang disyaratkan oleh kurikulum. Makalah ini mengupas buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas IV yang berjudul “Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas 4” yang ditulis oleh Edi Warsidi dan Farikha. Hasil pembahasan disimpulkan bahwa buku tersebut, pada tataran wacana atau teks sudah mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang disarankan oleh kurikulum, yaitu berdasarkan pendekatan berbasis genre, yang bersumber dari aliran linguistik fungsional sistemik yang dikembangkan oleh Halliday. Namun, pada tataran sintaksis dan morfologi, buku ini masih didominasi oleh aliran linguistik struktural, dan transformasi generatif. Berbagai perbaikan dan revisi perlu dilakukan agar buku ini memenuhi standar seperti yang diamanatkan kurikulum, dan ditetapkan BSNP, serta yang terpenting adalah dapat meningkatkan keterampilan berbahasa anak sehingga dapat menjadi bekal baginya untuk mengembangkan diri.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 14 Dec 2015 12:47
Last Modified: 14 Dec 2015 12:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11111

Actions (login required)

View Item View Item