KESANTUNAN BERBAHASA BUJANG DAN GADIS MASYARAKAT SUKU PASEMAH BENGKULU DALAM KOMUNIKASI “BEGADISAN” DI YOGYAKARTA (KAJIAN SOSIOPRAGMATIK)

Youpika, Fitra (2015) KESANTUNAN BERBAHASA BUJANG DAN GADIS MASYARAKAT SUKU PASEMAH BENGKULU DALAM KOMUNIKASI “BEGADISAN” DI YOGYAKARTA (KAJIAN SOSIOPRAGMATIK). In: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, pp. 117-128. ISBN 978-602-8043-50-2

[img]
Preview
Text
12-Fitra Youpika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa bujang dan gadisdalam komunikasi begadisanmasyarakat Pasemah Bengkulu yang ada di Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan merekam. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan, yaitu mencatat atau memindahkan, mengklasifikasikan, menjelaskan, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam komunikasi antara bujang dan gadis saat begadisan sangat memperhatikan kesantunan dalam berbahasa.Kesantunan berbahasa dilihat berdasarkan teori prinsip kesantunan berbahasa yang dikemukakan oleh Leech, yaitu prinsipmaksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, kemufakatan, dan maksim simpati. Selain itu, kesantunan juga dapat dilihat dalam penggunaan kata ganti orang (sapaan). Kata sapaan tersebut, yaitukamu dan kami. Secara teoritis penelitian ini dapat bermanfaat untuk memperluas khasanah ilmu pengetahuan di bidang kajian linguistik khususnya pada kajian sosilinguistik dalam hal ini sosipragmatik. Secara praktis dapat menambah pengetahuan bagi pembaca terhadap penggunaan bahasa dalam tradisi begadisan. Selain itu, bisa menjadi sumbangan pengetahuan bagi mahasiswa dan bagi dunia pendidikan, terutama dalam membina karakter anak didik yaitu, bagaimana menggunakan bahasa yang santun, cara berbicara, berkomunikasi dengan lawan bicara baik dengan orang yang lebih tua atau dengan teman sebaya.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 15 Dec 2015 11:14
Last Modified: 15 Dec 2015 11:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11117

Actions (login required)

View Item View Item