MENYELAMATKAN BAHASA DAERAH MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA YANG KOMUNIKATIF

Yati, Desmi (2015) MENYELAMATKAN BAHASA DAERAH MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA YANG KOMUNIKATIF. In: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, pp. 157-170. ISBN 978-602-8043-50-2

[img]
Preview
Text
16-Desmi Yati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (43kB) | Preview

Abstract

Loyalitas penutur bahasa daerah terhadap bahasanya mengalami penurunan, terutama pada ranah keluarga. Padahal, dari keluargalah terutama anak memperoleh bahasa itu. Kondisi ini perlu diatasi. Untuk mengatasinya perlu dilakukan upaya melalui pengajaran. Alternatif pertama, terutama dari TK sampai dengan SD kelas rendah, bahasa daerah bisa dijadikan bahasa pengantar pembelajaran. Di samping itu, sebagai alternatif kedua, pengajaran bahasa menerapkan pendekatan komunikatif. Melalui salah satu atau kedua cara itu, akan menghasilkan lingkungan baru penggunaan bahasa daerah sebagai pelengkap atau pengganti lingkungan penggunaan bahasa daerah pada ranah keluarga. Lingkungan baru inilah yang akan menciptakan input untuk anak maupun mendorong terciptanya output dari anak yang keduanya diperlukan bagi terjadinya pemerolehan bahasa daerah. Hanya saja, untuk melakukan upaya pertama, bahasa daerah perlu dikembangkan lebih lanjut. Sementara, untuk melakukan upaya kedua, fokus pengajaran bahasa daerah perlu dibatasi, disamping perlunya peningkatan mutu guru bahasa daerah yang telah ada dan pengadaan guru bahasa daerah dan bahasa Indonesia yang baru melalui pendidikan formal yang sesuai dengan konteks penggunaan bahasa.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 15 Dec 2015 11:40
Last Modified: 15 Dec 2015 11:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11121

Actions (login required)

View Item View Item