PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA UNTUK MENDUKUNG MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS II BERDASARKAN TEORI APOS (AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA) MPK-APOS

Hanifah, Hanifah (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA UNTUK MENDUKUNG MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS II BERDASARKAN TEORI APOS (AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA) MPK-APOS. In: pada Interrnational Seminar & Wortkshop On Educational & Design Research , September 2013, Universitas Negeri Padang.

[img] Archive (Proceeding)
MAK- Intern Pengembangan LK-MPK-APOS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pengembangan Lembar Kerja Untuk Mendukung Model Pembelajaran Kalkulus II Berdasarkan Teori APOS (MPK-APOS) merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja untuk Mendukung Model Pembelajartan Kalkulus II yang valid, praktis, dan efektif.. Fase-fase pengembangan Lembar Kerja sejalan dengan fase-fase pengembangan MPK-APOS yaitu menggunakan model yang dikemukakan oleh Plomp. Model umum pemecahan masalah bidang pendidikan yang dikemukakan Plomp terdiri dari fase investigasi awal ( prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi ( realization/construction), fase: tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan fase implementasi (implementation). Kegiatan yang dilakukan dalam merancang Lembar Kerja untuk mendukung MPK-APOS mengacu kepada Silabus Kalkulus II, SAP, dan Sintak pembelajaran yang diperoleh pada pengembangan MPK-APOS. Sintak yang diperoleh terdiri dari fase: Orientasi, Praktikum, Diskusi Kelompok, Diskusi Kelas, dan Latihan. Lembar Kerja yang dihasilkan berjumlah 14 LK, dan masing-masing LK terdiri dari:(1) Lembar Kerja Praktikum (LKP) yang memuat tabel-tabel berisi perintah-perintah MAPLE, dan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan jawabannya dalam kelompok kecil; (2) Lembar Kerja Manual (LKM) yang terdiri soal-soal Kalkulus dan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan jawabannya dalam kelompok kecil; (3) Lembar Diskusi Kelas yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan jawabannya secara klasikal oleh suatu kelompok; dan (4) Lembar Latihan. Dari ujicoba yang dilaksanakan, diperoleh kesimpulan bahwa MPK-APOS tidak akan efektif bila Lembar Kerja yang dirancang: (1) terlalu banyak memuat perintah atau pertanyaan sehingga tidak cukup waktu untuk menyelesaikannya; (2) pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sulit dipahami maksudnya; (3) jawaban dari pertanyaan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya; (4) dosen gagal memberikan scaffolding; dan (5) komputer atau listrik yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:27
Last Modified: 08 Jan 2016 09:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11144

Actions (login required)

View Item View Item