PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MAHASISWA S1 PGMI STAIN CURUP REJANG LEBONG

Utami, Clara Ade and Saleh, Haji (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MAHASISWA S1 PGMI STAIN CURUP REJANG LEBONG. In: Conference On Mathematics, Science, And Education (COMSE 2017), December 21-23, 2017, Bengkulu, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Conference On Mathematics, Science, And Education (COMSE 2017))
2017_Prosiding Nasional COMSE_UNIB_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang kesulitan dalam memahami matematika. Maka diperlukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran matematika, salah satunya dengan memberikan variasi dalam penggunaan model pembelajaran seperti penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), untuk mengetahui aktivitas dosen dan mahasiswa dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika mahasiswa S1 Prodi PGMI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup Rejang Lebong. Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan sample mahasiswa S1 Prodi PGMI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup Rejang Lebong yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatan kemampuan penalaran matematika. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada sub pokok bahasan lingkaran, satuan dan perbandingan, serta volume dan luas permukaan bangun ruang meningkatkan kemampuan penalaran matematika mahasiswa. Rata-rata skor hasil tes kemampuan penalaran matematika mahasiswa memperoleh peningkatandari siklus I sebesar 196,67, siklus II sebesar176,67 dan siklus III 226,67, serta persentase kemampuan penalaran matematika mahasiswa meningkat dari siklus I yakni 83,33 % (sedang), pada siklus II yakni50 % (rendah) sedangkan tingkat ketuntasan klasikal siklus III yakni 100 % (tinggi). Sehingga dalam penelitian ini didapat kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@unib.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:46
Last Modified: 01 Mar 2023 03:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11546

Actions (login required)

View Item View Item