Sari, Shinta Maya and Saleh, Haji (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MAHASISWA IAIN BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT. In: Conference On Mathematics, Science, And Education (COMSE 2017), December 21-23, 2017, Bengkulu, Indonesia.
|
Text (Conference On Mathematics, Science, And Education (COMSE 2017))
2017_Prosiding Nasional COMSE_UNIB_UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MHS IAIN.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran konvensional adalah proses pembelajaran yang pada umumnya masih didominasi paradigma belajar berpusat pada guru, sehingga kemampuan pemecahan masalah mahasiswa rendah. Untuk mengatasi hal tersebut dosen harus mencari solusi yang tepat salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran seperti Microsoft Power Point. Dengan penggunaan media pembelajaran dapat diharapakan meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Sampel 33 orang Mahasiswa IAIN Bengkulu Jurusan PGMI Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 33 orang mahasiswa yang mengikuti Pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran Microsoft Power Point pada sub pokok bahasan persamaan linear, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, serta fungsi kuadrat meningkatkan aktivitas siswa. Rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori cukup dengan 51,51% dan jumlah siswa berkategori baik hanya 27,27% dan pada siklus II meningkat mencapai kategori baik dengan persentase 84,84% jumlah siswa yang berkategori cukup hanya15,15%
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@unib.ac.id |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 03:53 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 03:53 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11548 |
Actions (login required)
View Item |