KEPUASAN MAHASISWA S1 ATAS PELAYANAN JASA DI UNIVERSITAS BENGKULU DENGAN METODE STUDENT SATISFACTION INVENTORY (SSI)

Sartika, Dewi and Effed , Darta Hadi (2013) KEPUASAN MAHASISWA S1 ATAS PELAYANAN JASA DI UNIVERSITAS BENGKULU DENGAN METODE STUDENT SATISFACTION INVENTORY (SSI). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-dew.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (224kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-dew.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui tingkat kesenjangan antara harapan mahasiswa dengan kinerja yang diberikan oleh Universitas Bengkulu, yang kedua untuk mengetahui kondisi variabel layanan apa saja yang perlu ditingkatkan, sehingga dari kedua tujuan tersebut dapat menghasilkan tujuan ketiga yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan dan ketidakpuasan mahasiswa. Kepuasan siswa merupakan hal penting bagi perguruan tinggi atau universitas karena setiap industri tersebut berusaha untuk terus meningkatkan lingkungan belajar bagi mahasiswa dan memenuhi harapan stakeholder. Untuk mengukur kepuasan dapat dilakukan dengan metode Student Satisfaction Inventory (SSI). 12 dimensi yang terdapat pada metode tersebut adalah Academic Advising, Campus Climate, Campus Support and Service, Concern for the Individual, Instrtuctional Effectiveness, Recruitment and Financial Aid, Registration Effectiveness, Responsiveness to Deserve Populations, Campus Safety and Security, Service Excellent, Student Centeredness, dan Campus Life (Elliott dan Heally, 2011). Di Bengkulu terdapat beberapa Universitas baik negeri maupun swasta. Sehingga mutu pelayanan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi calon mahasiswa dalam membandingkan beberapa Universitas yang ada. Universitas Bengkulu menetapkan standar pelanyananya pada peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2009. Keberhasilan jasa pendidikan ditentukan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pengguna jasa tersebut. Maka dari itu, peneliti mengajukan skripsi ini dengan judul “Kepuasan Mahasiswa S1 Atas Pelayanan Jasa Di Universitas Bengkulu Dengan Metode Student Satisfaction Inventory (SSI)”. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Universitas Bengkulu dengan beberapa kriteria tertentu. Desain Data dikumpulkan melalui 180 kuesioner yang disebarkan langsung kepada mahasiswa. Data kemudian akan dihitung nilai kesenjangannya dan selanjutnya dilakukan pemetaan layanan dengan Diagram Kartesius. Hasil penelitian menunjukkan terdapat gap sebesar -59,354 sehingga dapat dikatakan mahasiswa belum puas dengan pelyanan jasa Universitas Bengkulu. Maka, dalam penelitian ini digunakan Diagram Kartesius sebagai alat analisis agar pihak Universitas mengegetahui indikator apa saja yang harus menjadi prioritas utama, dipertahankan, prioritas rendah, dan berlebihan. Pada kuadran A, terdapat sembilan indikator yang berasal dari dua item masing-masing untuk variabel Recruitment and Financial Aid dan Campus life, serta 1 indikator pada variabel Instructional Effectiveness, Kepuasan Mahasiswa, Student Excellent, Campus Climate, dan Student Centeredness. Hal ini mengisyaratkan bahwa kesembilan indikator tersebut merupakan prioritas utama bagi Universitas Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Mrs Tutty Ningsih
Date Deposited: 25 Oct 2013 13:29
Last Modified: 25 Oct 2013 13:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item