Yunita, Devi and Saleh, Haji and Shelly, Trihasari (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR KELAS DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 BENGKULU TENGAH. In: SEMIRATA BKS PTN Wilayah Barat Bidang MIPA, 6-7 Juli 2019, Bengkulu.
|
Text (SEMIRATA BKS PTN Wilayah Barat Bidang MIPA)
2019_Prosiding SEMIRATA_UNIB_Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas Scaffolding.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran luar kelas dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 17 Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Bengkulu Tengah pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran luar kelas dengan teknik scaffolding dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan perolehan hasil uji-t sebesar thitung = 6,6667 ttabel = 1,6772 (pada = 0,05 dan dk = 48). Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh pembelajaran luar kelas dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran luar kelas dengan teknik scaffolding sebesar 79,48 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 70,40
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@unib.ac.id |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 04:22 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 04:22 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11555 |
Actions (login required)
View Item |