PENGARUH TRUST DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DALAM KEPUTUSAN BELANJA ONLINE DI BLACKBERRY MESSANGGER

Nugraha, Dhio and Alfansi, Lizar (2013) PENGARUH TRUST DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DALAM KEPUTUSAN BELANJA ONLINE DI BLACKBERRY MESSANGGER. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-dhi.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-dhi.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Perkembangan Industri belanja online saat ini mulai marak berkembang di tengah masyarakat, Hal ini tidak dapat dihindari bahwa keinginan konsumen mendapatkan kemanan serta kenyaman dalam berbelanja menjadikan sebagaan orang memprioritaskan gaya belanja online melalui gadget seperti Blackberry. Belanja online mulai menjadi pilihan masyarakat sebagai pola belanja dalam kehidupan sehari-hari. Belanja online didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk dan jasa dalam Internet (Julietsneddon, 2004). Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian yang berjudul “Pengaruh keperca yaan dan Technology acceptance model dalam keputusan belanja online di blackberry messangger” . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, perceived ease of use, perceived usefullnsess, intent to transact dalam keputusan belanja online di blackberry messangger. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para praktisi pemasaran maupun akademisi dalam memahami aktivitas belanja online. Sampel yang digunakan oleh penelitian ini yakni seluruh konsumen yang pernah melakukan kegiatan belanja online melalui blackberry messangger di Kota Bengkulu. Desain penelitian ini adalah kausalitas dan data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner. Data diolah dan dianalisis menggunakan alat analisis Structural Equation Model (SEM) Amos 20. Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat pengaruh positif antara Trust terhadap keputusan belanja online, trust terhadap perceived ease of use, trust terhadap perceived usefullness, perceived usefullnesss terhadap intent to transact, dan intent to transact terhadap keputusan belanja online. Sedangkan, pengaruh negative diperoleh dari pengaruh perceived ease of use terhadap intent to transact. Implikasi penelitian ini adalah perceived ease of use tidak secara langsung mempengaruhi intent to tansact Justru perceived usefullness yang mempengaruhi intent to transact yang disebabkan bahwa konsumen harus menemukan dahulu apa manfaat yang diperoleh dari aktivitas belanja tersebut. Sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa kemudahan tidak selamanya menarik minat konsumen untuk melakukan aktivitas transaksi namun faktor manfaat apa yang akan diperoleh menjadi prioritas konsumen dalam melakukan aktivitas belanja online.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Mrs Tutty Ningsih
Date Deposited: 25 Oct 2013 14:01
Last Modified: 25 Oct 2013 14:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item