ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ETIKA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Kantor Pusat PT Bank Rakyat Indonesia Tbk)

Suryosukmono, Gerry and Slamet, Widodo (2020) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ETIKA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Kantor Pusat PT Bank Rakyat Indonesia Tbk). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS), 18 (1). pp. 41-56. ISSN 1412-4521

[img]
Preview
Text (Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS))
6. Jurnal Manajemen Bisnis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (911kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jmbs

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengukur dan melakukan analisa mengenai pengaruh kepuasan kerja dan iklim etika terhadap peningkatan kinerja karyawan dengan mediasi komitmen organisasi. Metode Penelitian dilakukan dengan melakukan pretest menggunakan Confirmatory Factor Analysis untuk mengukur validitas dan reliabilitas pengukuran. Setelah itu, penelitian ini menguraikan deskripsi profil responden dan melakukan uji hipotesis menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung yang signifikan yang muncul baik dari pengaruh kepuasan kerja dan iklim etika terhadap komitmen organisasi dan pengaruh kepuasan kerja dan iklim etika secara langsung terhadap kinerja karyawan. Selain itu komitmen organisasi terbukti dapat memediasi baik hubungan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dan hubungan iklim etika terhadap kinerja karyawan. Keterbatasan pada penelitian ini adalah populasi yang tidak bisa mewakili semua perilaku karyawan di bidang perbankan sehingga penelitian belum tentu dapat digeneralisasi. Selanjutnya, adalah metode yang digunakan adalah metode cross sectional berdasarkan perilaku dan kondisi waktu tertentu karena keterbatasan waktu penelitian sehingga memungkinkan untuk dapat berubah pada kondisi waktu di masa yang akan datang. Selain itu, kuisioner yang digunakan adalah kuisioner yang meneliti hubungan antar variabel yang relatif sudah cukup eksis di dalam organisasi sedangkan iklim etika di BRI sendiri sedang dalam proses pembaharuan yang mempengaruhi perubahan adaptasi dari komitmen organisasi. Penelitian ini meneliti variabel independen yang berasal dari dalam diri karyawan yaitu kepuasan kerja dan variabel independen yang berasal dari organisasi yaitu iklim etika sebagai faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dengan komitmen organisasi sebagai mediasinya. Pengambilan data juga dilakukan di kantor pusat yang merupakan elemen terpenting dalam merumuskan kebijakan perusahaan sehingga hasil penelitian diharapkan lebih menggambarkan keadaan organisasi secara keseluruhan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economy > Journal
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:06
Last Modified: 09 Mar 2023 09:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11596

Actions (login required)

View Item View Item