PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL INKUIRI DI KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Marlina, Sitorus and Didi, Yulistio and Padi, Utomo (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL INKUIRI DI KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menulis Teks Negosiasi dengan Model Inkuiri siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu sesuai komponen RPP dalam Kurikulum 2013 dan (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model inkuiri. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP menulis teks negosiasi dengan model inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu mencakup unsur identitas sekolah, satuan mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, pendekatan, model pembelajaran, media, alat dan bahan, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian proses hasil belajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model inkuiri siswa kelas X MIPA A SMA Negeri 6 Kota Bengkulu, dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri dengan tahap sebagai berikut (1) orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) mengajukan hipotesis, (4) mengumpulkan data, (5) menguji hipotesis, (6) merumuskan kesimpulan. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah RPP menulis teks negosiasi yang disusun guru didapati sesuai komponen- komponen RPP dalam Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks negosiasi tidak sepenuhnya menerapkan langkah-langkah pembelajaran model inkuiri. Komponen pembelajaran inkuiri yang tidak diterapkan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi di antaranya langkah merumuskan masalah dan mengajukan hipotesis. Kata Kunci: RPP, Inkuiri, Menulis, Negosiasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:34
Last Modified: 17 Mar 2023 09:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item