PERBANDINGAN METODE PERAMALAN ANTARA ARIMA DAN SARIMA DALAM MEMODELKAN FLUKTUASI DEBIT AIR (Studi Kasus : Data debit air Pembangkit Listrik Tenaga Air Musi)

Rizal, Jose (2015) PERBANDINGAN METODE PERAMALAN ANTARA ARIMA DAN SARIMA DALAM MEMODELKAN FLUKTUASI DEBIT AIR (Studi Kasus : Data debit air Pembangkit Listrik Tenaga Air Musi). In: Seminar Nasional Matematika, 2015, Bandung.

[img]
Preview
Text (Seminar Nasional Matematika)
Proseding Unpar September 2015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fluktuasi debit air dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya curah hujan, sedangkan curah hujan sendiri memiliki fenomena karakteristik musiman. Patut diduga pemodelan timeseries dari data fluktuasi debit air mengandung unsur musiman. Dalam analisis timeseries terdapat beberapa pendekatan dalam memodelkan data deret waktu. Model yang dihasilkan dapat digunakan untuk mendapatkan nilai ramalan besaran debit air untuk beberapa periode kedepan. Untuk kepentingan lebih jauh, dapat mengukur nilai ekonomis suatu pembangkit listrik tenaga air. Tujuan penelitian ini secara garis besar ada dua, yakni untuk membandingkan model terbaik antara Autoregressive Integreted Moving Average (ARIMA), dan Seasonal Autoregressive Integreted Moving Average (SARIMA). Sedangkan tujuan yang kedua adalah menghasilkan peramalkan besaran debit air untuk tiga bulan ke depan. Metode penelitian yang digunakan adalah diawali dengan pengambilan data sekunder ke PLTA Musi dilanjutkan dengan melakukan tahapan-tahapan pemodelan timeseries. Adapun pendekatan model yang digunakan dalam tulisan ini, adalah ARIMA dan SARIMA. Ukuran yang digunakan untuk mendapatkan model terbaik menggunakan ukuran MSE. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil pengolahan data adalah : paremeter model ARIMA yang dihasilkan adalah ARIMA(3,1,0), sedangkan SARIMA yaitu ARIMA (0,1,1)(2,0,0)3 . Berdasarkan kriteria pemilihan model terbaik yang menghasilkan kesalahan ramalan terkecil. Berdasarkan nilai RMSE, MAPE, dan MAD dari peramalan, diperoleh kesimpulan bahwa model yang sesuai dengan kondisi data debit air adalah model ARIMA(3,1,0)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:52
Last Modified: 27 Mar 2023 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item