PEMODELAN MATEMATIKA UNTUK SISTEM EVAKUASI TSUNAMI KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN ALGORITMA FLYOD WARSHALL (Studi Kasus: Sebagian Wilayah Pesisir Kota Bengkulu)

Mayasari, Zulfia Memi and Ulfasari, Rafflesia and Mulia, Astuti (2018) PEMODELAN MATEMATIKA UNTUK SISTEM EVAKUASI TSUNAMI KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN ALGORITMA FLYOD WARSHALL (Studi Kasus: Sebagian Wilayah Pesisir Kota Bengkulu). Project Report. Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Laporan Akhir Penelitian Unggulan Universitas)
5. Laporan akhir_Unggulan UNIB_Zulfia Memi Mayasari_2018.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jalur evakuasi bencana tsunami yang efektif dan optimal dirancang dengan mempertimbangkan jarak, keamanan, dan waktu. Kajian tentang jalur evakuasi bencana tsunami yang efektif dan optimal di wilayah pesisir Kota Bengkulu sangat diperlukan, hal ini mengingat Kota Bengkulu merupakan salahsatu kota yang terkategori sangat rawan terhadap bencana tsunami. Karena itu sistem evakuasi memegang peranan yang sangat penting dalam upaya meminimalkan korban jiwa terhadap bencana tsunami. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model jalur evakuasi yang efektif dan optimal di wilayah pesisir Kota Bengkulu melalui perancangan sistem evakuasi tsunami dengan pendekatan matematika sebagai upaya untuk meminimalisir dampak bencana tsunami. Langkah pertama yang dilakukan untuk mencapai tujuan ini adalah melakukan observasi dan pengumpulan data. Dari data yang diperoleh, wilayah penelitian dibagi menjadi beberapa cluster. Kemudian dibentuk suatu graph jaringan jalan. Cluster-cluster yang terbentuk dan titik berkumpul yang telah ditetapkan pemerintah dijadikan sebagai vertex pada graph jaringan jalan sedangkan infrastruktur jaringan jalan dijadikan sebagai edge. Selanjutnya graph jaringan jalan ini diboboti oleh jarak dan waktu. Penentuan jalur evakuasi berdasarkan jarak terpendek dan waktu evakuasi minimum dirancang melalui software sistem evakuasi tsunami yang diimplementasikan pada model graph jaringan jalan yang telah dibentuk dengan menggunakan Algoritma Flyod Warshall dan diselesaikan dengan bantuan bahasa pemrograman matlab.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:10
Last Modified: 04 Apr 2023 03:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item