DIMENSI KUALITAS JASA DAN KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI ALAT UKUR JASA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS BENGKULU

Ghandaresna, Karenza Noor and Effed , Darta Hadi (2013) DIMENSI KUALITAS JASA DAN KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI ALAT UKUR JASA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-kar.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (412kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-kar.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Zaman teknologi dan informasi yang modern seperti saat ini, kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan media pendidikan adalah hal penting dan menjadi tantangan tersendiri bagi penyedia jasa informasi dan pendidikan. Lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi negeri yang bergerak di bidang pendidikan dan informasi juga tidak luput dari perkembangan teknologi informasi yang cepat dan tuntutan untuk meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan. Hal tersebut membuat perguruan tinggi negeri pun meningkatkan kinerjanya dalam hal pelayanan pendidikan dan informasi yang di butuhkan masyarakat khususnya insan akademik. Hal tersebut juga dapat memotivasi lembaga perguruan tinggi negeri untuk melakukan transformasi struktur dan strategi pengembangan sarana pendidikan agar dapat menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan terpecaya (Wicaksono, 2008). Universitas Bengkulu merupakan suatu unit jasa yang memberikan pelayanan pada pelanggannya yaitu mahasiswa. Kebutuhan mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan media edukasi lainnya merupakan hal yang sulit untuk di pisahkan karena konsumen membutuhkan sarana penunjang akademik yang memadai dan sesuai dengan yang diharapkan. Terdapat lima dimensi kualitas jasa untuk mengukur hal tersebut, oleh karena itu dilaksanakan penelitian yang berjudul “Dimensi Kualitas Jasa dan Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Ukur Jasa Pendidikan di Universitas Bengkulu”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kualitas jasa Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Bengkulu. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para praktisi pemasaran maupun akademisi dalam memahami dimensi kualitas jasa pada pendidikan tinggi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Bengkulu. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dan data diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner kepada para mahasiswa Universitas Bengkulu minimal sememster IV. Data diolah dan dianalisis menggunakan alat analisis Regresi Berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang tidak signifikan terhadap dimensi kualitas jasa Tangible, Reliability, Responsiveness, dan Emphaty terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan, pengaruh yang signifikan diperoleh dari dimensi Assurance terhadap kepuasan mahasiswa. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa keberadaan dimensi Assurance sebagai satu-satunya pendukung kualitas UNIB tidak cukup dijadikan suatu alasan untuk mengambil kesimpulan bahwa UNIB memiliki kualitas yang tinggi jika dibandingkan dengan Universitas Negeri lainnya, karena hanya satu dari 5 dimensi jasa yang dijadikan tolak ukur kualitas jasa yang menunjukkan signifikansi terhadap kepuasan mahasiswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meraih predikat sebagai Universitas Negeri yang berkualitas adalah dengan fokus memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa sebagai konsumen jasa pendidikan sesuai dengan standarisasi 5 kualitas jasa pendidikan. Dengan kata lain ada beberapa item dalam masing-masing variabel pada kualitas jasa pendidikan yang harus lebih diperhatikan dan ditingkatkan lagi oleh penyedia jasa pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Mrs Tutty Ningsih
Date Deposited: 29 Oct 2013 14:25
Last Modified: 29 Oct 2013 14:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item