PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Lahat)

Zuhairin, Zuhairin and Johanes, Sapri and Turdjai, Turdjai (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS ZUHAIRIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Kerja sama siswa, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa dan 3) Efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMA Negeri 2 Lahat. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, rendahnya sikap kerja sama siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 25 orang pada penelitian PTK, 20 orang pada penelitian kelas eksperimen, dan 20 orang pada penelitian kelas control.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Kerja Sama siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII di SMA Negeri 2 Lahat. Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kerja Sama, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2023 03:05
Last Modified: 03 May 2023 03:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11915

Actions (login required)

View Item View Item