INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL QALAM DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Deskriptif Kualitatif di SDIT Al Qalam Bengkulu Selatan)

Erlan, Zauti and Connie, Connie and Zakaria, Zakaria (2020) INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL QALAM DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Deskriptif Kualitatif di SDIT Al Qalam Bengkulu Selatan). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
ZAUTI ERLAN -TESIS Final ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan umum penelitian untuk mendeskripsikan inovasi pengelolaan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al qalam. Tujuan khususnya untuk mendeskripsikan : 1) inovasi perencanaan , 2) inovasi pelaksanaan, 3) Inovasi evaluasi, 4) kendala inovasi, di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al qalam. Metode penelitiannya studi deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan inovasi pengelolaan sekolah untuk meningkatkan mutu Pendidikan. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif, induktif dan deduktif. Hasil penelitian; 1) inovasi perencanaan telah dilakukan dengan baik untuk meningkatkan mutu Pendidikan. 2) pelaksananaan inovasi melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan pengurus yayasan. Bentuk inovasinya : (a) menerapkan kurikulum terpadu, (b) menyelenggarakan full days school, (c) menjalin hubungan harmonis dan terprogram dengan orang tua murid. 3) evaluasi inovasi pengelolaan telah dilakukan dengan baik, waktu yang teratur dan melibatkan semua pihak di lembaga tesebut, 4) kendala pelaksanaan Inovasi diantaranya belum samanya pemahaman para guru dan perbedaan pemahaman beberapa orang tua siswa tentang Inovasi sekolah telah diatasi dengan baik. Kata kunci : Inovasi pengelolaan, mutu sekol

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2023 03:05
Last Modified: 03 May 2023 03:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11917

Actions (login required)

View Item View Item