Putra, Yoedy and Sudarwan, Danim and Syaiful, Anwar (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI E-RAPOR DALAM PENILAIAN PESERTA DIDIK DI SMA BENGKULU SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Tesis Yoedy Putra Cetak.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi e- rapor dalam penilaian peserta didik di SMA Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, admin e rapor dan guru. Hasil penelitian dilakukan analisis diperoleh hasil: 1) aspek kualitas sistem (system quality) aplikasi e-rapor rata-rata persentase yaitu 92,63% dengan katagori sangat baik, terdiri atas: (a) aspek efektivitas penggunaan aplikasi e-rapor oleh admin, rata-rata persentase kesesuaian yaitu 93,65% dengan katagori sangat baik; (b) aspek efektivitas penggunaan aplikasi e-rapor oleh guru mata pelajaran/BK rata-rata persentase kesesuaian yaitu 93,53% dengan katagori sangat baik; (c) aspek efektivitas penggunaan aplikasi e-rapor oleh wali kelas rata-rata persentase kesesuaian yaitu 90,71% dengan katagori sangat baik; 2) aspek kualitas informasi (information quality) aplikasi e-rapor rata-rata persentase yaitu 92,24% dengan katagori sangat baik; 3) aspek pengguna (user) aplikasi e- rapor rata-rata persentase yaitu 92,24% dengan katagori sangat baik; 4) aspek pengguna (user satisfaction) aplikasi e-rapor rata-rata persentase yaitu 93,55% dengan katagori sangat baik; 5) aspek dampak individual (individual impact) aplikasi e-rapor rata-rata persentase yaitu 96,26% dengan katagori sangat baik; 6) aspek organisasi (organization impact) aplikasi e-rapor rata-rata persentase yaitu 96,89% dengan katagori sangat baik. Secara keseluruhan boleh dikatakan efektivitas penggunaan aplikasi e-rapor dalam penilaian peserta didik di SMA Bengkulu Selatan rata-rata persentase yaitu 94,32% dengan katagori sangat baik dan sudah memenuhi sesuai dengan tujuan dan dampak yang diharapkan. Kata kunci : efektivitas e-rapor, penilaian peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 05 May 2023 03:00 |
Last Modified: | 05 May 2023 03:00 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11941 |
Actions (login required)
View Item |