PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KONSEP MOL

Febyani, Yezza and Dewi, Handayani and Nurhamidah, Nurhamidah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Yezza Febyani_A1F016009_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa dan tingkat keefektifan media pembelajaran yang dilihat dari hasil belajar siswa pada materi konsep mol. Metode pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono yang dibatasi sampai tahap kesembilan. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kaur pada bulan April�September 2020. Uji coba skala kecil pada kelas X IPA 1 dan uji coba skala besar pada kelas X IPA 4. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket validasi, angket respon siswa serta tes uji pemahaman siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan skor penilaian rata-rata oleh ahli materi 4,3, ahli media 4,5 dan ahli soal 4,25. Hasil respon siswa pada uji coba produk memperoleh skor rata-rata 4,21 dengan kriteria sangat menarik sedangkan untuk tingkat keefektifan media dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-gain score sebesar 0,51. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan dengan aplikasi Articulate Storyline layak untuk digunakan sebagai media belajar pada materi konsep mol. Kata Kunci : Pengembangan Media, Articulate Storyline, Konsep Mol

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 May 2023 03:01
Last Modified: 05 May 2023 03:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11942

Actions (login required)

View Item View Item