Sari, Yenni Novita and Kasrina, Kasrina and Irdam, Idrus (2020) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN KAMPUS INDUK UNIVERSITAS BENGKULU PADA MATERI PLANTAE KELAS X SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI YENNI NOVITA SARI (A1D016040).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keanekaragaman jenis dan mengklasifikasikan tumbuhan paku yang terdapat di kawasan Kampus Induk Universitas Bengkulu (2) untuk mendeskripsikan kelayakan dan membuat buku saku Biologi berdasarkan hasil observasi keanekaragaman jenis tumbuhan paku di kawasan Kampus Induk Universitas Bengkulu pada materi Plantae dan sub materi Pteridophyta kelas x SMA. Tahapan penelitian ini adalah (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi produk, (5) Revisi produk. Data dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh 5 0rdo, 12 famili, 19 genus dan 24 spesies tumbuhan paku. Validasi uji kelayakan bahan ajar berupa buku saku dilakukan oleh 3 ahli termasuk “Sangat Layak” dengan persentase keidealan keseluruhan yaitu 85,41%. Desain buku saku berdasarkan uji kelayakan terdiri dari (1) Sampul depan dan belakang buku saku yang dibuat menjadi satu halaman atau cover, (2) Halaman judul, (3) Kata pengantar, (4) Daftar isi, (5) KI, KD, Tujuan Pembelajaran, (6) Bagian pendahuluan terdiri dari penjelasan tentang lokasi penelitian, Materi umum tumbuhan paku, Siklus hidup tumbuhan paku, Pengelompokan tumbuhan paku, Kunci determinasi tumbuhan paku; (7) Bagian isi terdiri dari hasil identifikasi dan deskripsi tumbuhan paku, bagian ini meliputi : klasifikasi, deskripsi, dan gambar jenis tumbuhan paku; (8) Bagian penutup terdiri dari glosarium, daftar pustaka, latihan Soal, kunci jawaban, dan biografi penulis. Buku saku dinyatakan “LAYAK” digunakan dalam pembelajaran Biologi pada materi Plantae sub materi Pteridophyta yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh dosen ahli materi, ahli bahan ajar dan guru biologi. Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan (R&D), Tumbuhan Paku, Buku Saku
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 05 May 2023 03:29 |
Last Modified: | 05 May 2023 03:29 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11945 |
Actions (login required)
View Item |