PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JANGKIT DILIHAT DARI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas X SMA Negeri 1 Lahat)

Hendrawan, Bambang and Bambang, Sahono and Turdjai, Turdjai (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JANGKIT DILIHAT DARI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas X SMA Negeri 1 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS BAMBANG HENDRAWAN A2M018001.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh metode Drill and Practice dan demonstrasi terhadap kemampuan lompat jangkit dilihat dari daya ledak otot tungkai. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah squasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lahat Tahun Pelajaran 2019-2020 yang terdiri dari 4 kelas. Kelas yang dijadikan sampel kelompok eksperimen adalah kelas X MIPA 1 dan kelas kontrol adalah kelas X MIPA 2. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dan diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan lompat jangkit siswa yang belajar dengan metode pembelajaran Drill and Practice lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan lompat jangkit siswa yang belajar dengan metode pembelajaran demonstrasi, (2) kemampuan lompat jangkit siswa yang belajar dengan daya ledak otot tungkai tinggi lebih tinggi dari pada kemampuan lompat jangkit siswa yang belajar dengan daya ledak otot rendah (3) Tidak terjadinya interaksi antara metode pembelajaran dan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan lompat jangkit Kata Kunci: metode pembelajaran drill and practice dan demonstrasi, lompat jangkit, daya ledak otot.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 May 2023 02:44
Last Modified: 25 May 2023 02:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item