PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI 57 DAN SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Andresa, Dwiva Debby and Herman, Lusa and Dalifa, Dalifa (2020) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI 57 DAN SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi dwiva debby andresa A1G016084.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik SD Negeri 57 dan SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 57 dan SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan lembar observasi sikap dan keterampilan. Pengambilan tes dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 5,40, mata pelajaran IPS sebesar 5,01 dan mata pelajaran PPKn 5,54 dengan pada taraf signifikan 5% sebesar 2,00 dimana yang diperoleh lebih besar dari nilai . Untuk hasil belajar aspek sikap presentase keseluruhan untuk kelas eksperimen 63,76% sedangkan presentase sikap untuk kelas kontrol 50,67%. Untuk hasil belajar aspek keterampilan presentase keseluruhan untuk kelas eksperimen 72,46% sedangkan presentase keterampilan untuk kelas kontrol 62,67%. Dari data tersebut, terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih oleh siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model role playing di kelas IV SD Negeri 57 Kota Bengkulu. Kata kunci : Tematik, Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 May 2023 07:37
Last Modified: 30 May 2023 07:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item