RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE SQ4R PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMP (Penelitian Deskriptif Kualitatif)

Malinda, Fitri and Bhakti, Karyadi and Khasrina, Khasrina (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE SQ4R PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMP (Penelitian Deskriptif Kualitatif). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan pemahaman konep peserta didik di SMP. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian ini meliputi : 1) Analisis Kurikulum, 2) Analisis Kompetensi Dasar, 3) Telaah Materi pelajaran, 4) Merumuskan Indikator dan Tujuan Pembelajaran, 5) Menentukan Model dan Metode Pembelajaran, 6) Pemilihan Media Pembelajaran, 7) Penyusunan Alat Evaluasi Pembelajaran. Hasil penelitian berupa rancangan perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk materi pencemaran lingkungan dirancang dengan mengacu pada model kooperatif tipe SQ4R terdiri dari enam langkah yaitu : 1) Survey (memeriksa atau mengidentifikasi), 2) Question (membuat pertanyaan), 3) Read (membaca), 4) Recite (menulis jawaban) 5) reflect (memferivikasi jawaban), 6) Riview (meninjau ulang). Rancangan Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD) dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi pencemaran lingkungan dibuat dengan kerangka yaitu 1) Pendahuluan memuat identitas, KD, dan tujuan pembelajaran, 2) Isi/materi pokok memuat pengantar materi dan langkah kerja, dan 3) Artikel memuat judul artikel, isi artikel dan daftar pustaka. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Kooperatif Tipe SQ4R, Pencemaran Lingkungan, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:31
Last Modified: 09 Jun 2023 03:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12200

Actions (login required)

View Item View Item