PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN PERILAKU TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK DI KELAS IV SDN 17 KOTA BENGKULU)

Komalasari, Fitria and Osa, Juarsa and Sri, Dadi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN PERILAKU TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK DI KELAS IV SDN 17 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1G016079 SKRIPSI FITRIA KOMALASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan perilaku toleransi siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian barupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase belajar klasikal. Hasil rata-rata penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament siklus I diperoleh 65 dan siklus II meningkat 99,5. Hasil rata-rata perilaku toleransi siswa siklus I diperoleh 7,76 dengan kategori cukup dan siklus II diperoleh 13,62 dengan kategori sangat baik. Prestasi belajar siklus I pada mata pelajaran IPS nilai rata-rata kelas sebesar 62,4 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 40% pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 82 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 76%. Mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 67,2 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 48% pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 80,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%. Mata pelajaran PPKn siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 69,2 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 52% pada siklus II nilai rata�rata kelas sebesar 78,88 dengan ketuntasan belajar klasikal 84%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar dan perilaku toleransi siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Teams Games Tournament, Prestasi Belajar, Perilaku Toleransi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:27
Last Modified: 15 Jun 2023 02:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12210

Actions (login required)

View Item View Item