PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 14 MUKOMUKO

Ruki, Gaga and Didi, Yulistio and Suryadi, Suryadi (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 14 MUKOMUKO. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS GAGA RUKI OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X IPA SMAN 14 Mukomuko. Data dalam penelitian ini berupa teks anekdot dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran. Data dikumpulkan dengan cara 1) penugasan membuat teks anekdot, dan 2) mengisi lembar aktivitas siswa. Selanjutnya, data dianalisis dengan lengkah�langkah 1) mencari rata-rata peroleh nilai kemampuan menulis teks anekdot, 2) menentukan klasifikasi dari nilai menulis teks anekdot. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis teks anekdot mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 72,59 klasifikasi “baik”. Kondisi tersebut meningkat menjadi 85,22 pada siklus II yang termasuk dalam klasifikasi “baik sekali”. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I yang termasuk dalam klasifikasi “cukup” meningkat pada siklus II menjadi klasifikasi “baik”. Simpulan, terdapat peningkatan kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X IPA SMAN 14 Mukomuko. Kata kunci: Menulis, Teks Anekdot, dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:52
Last Modified: 15 Jun 2023 02:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item