PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD

Susanti, Hermi and Irwan, Koto and Daimun, Hambali (2020) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
tesis lengkap Hermi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan media video YouTube terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan ialah quasy experiment. Desain pada penelitian ini yaitu One Group Pretest And Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Negeri 22 Bengkulu Selatan. Sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VA berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis terdiri dari dimensi kemampuan berpikir lancar, kemampuan berpikir luwes, kemampuan berpikir orisinil, kemampuan berpikir merinci, dan kemampuan berpikir menilai. Data hasil penelitian menggunakan analisis inferensial Paired Samples T-Test dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan media video YouTube terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD. Kata Kunci : Model Pembelajaran CTL, Video YouTube, Berpikir Kreatif, IPA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Jun 2023 09:06
Last Modified: 20 Jun 2023 09:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12261

Actions (login required)

View Item View Item