PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Classroom Action Research)

Vera, Hesti and Rina, Elvia and Hermansyah, Amir (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI HESTI VERA (A1F013069).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di kelas XI IPA I SMA N 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 siswa. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari posttest, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Dari hasil penelitian ini terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar kimia siswa. Pada aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 23,3 meningkat pada siklus II menjadi 31 dan 40,3 pada siklus III dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,51 ; siklus II sebesar 73,66 ; dan siklus III sebesar 80,14. Daya serap siswa pada siklus l sebesar 63,51% ; siklus ll sebesar 73,66% ; dan siklus lll sebesar 80,14%. Ketuntasan belajar siswa pada siklus l sebesar 37,14% ; siklus ll sebesar 71,43% ; dan siklus lll 85,71%. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, KOKAMI (Kotak dan Kartu Misterius)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:26
Last Modified: 21 Jun 2023 03:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12265

Actions (login required)

View Item View Item