Wulandari, Mutiara and Yulistio, Didi and Yanti, Nafri (2019) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 7 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
THESIS.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk meberikan informasi tentang kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan. Pengumpulan data dalam bentuk tes tertulis dengan aspek penilaian yaitu: kesesuaian isi dengan topik, struktur, dan Ejaan Bahasa Indonesia. Wujud data pada penelitian ini berupa skor hasil belajar yang menggambarkan kemampuan siswa dalam menulis teks pidato. Penelitian ini dilakukan pada kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan, yang telah dipilih secara acak menggunakan sample random sampling.hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 77,90 kategori baik. Artinya siswa telah memiliki kemampuan menulis teks pidato, tetapi kemampuan menulis siswa perlu ditingkatkan agar lebih baik lagi. Secara khusus tiap aspek hasil penilaian kemampuan menulis teks pidato ini sebagai berikut:(1) aspek isi berkategori sangat baik, (2) aspek struktur berkategori sangat baik, (3) aspek diksi berkategori baik, (4) aspek kalimat efektif berkategori baik, dan (5) aspek ejaan berketogi cukup. Kata kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Pidato.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:17 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12412 |
Actions (login required)
View Item |