KORESPONDENSI BUNYI BAHASA MUKO-MUKO, BAHASA PEKAL, BAHASA SERAWAI DI PROVINSI BENGKULU : STUDI LINGUISTIK HISTORIS KOMPARATIF

Sari, Popy Permata and Rahayu, Ngudining and Diani, Irma (2019) KORESPONDENSI BUNYI BAHASA MUKO-MUKO, BAHASA PEKAL, BAHASA SERAWAI DI PROVINSI BENGKULU : STUDI LINGUISTIK HISTORIS KOMPARATIF. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Peneliti mengkaji variasi bunyi bahasa yang ada di Provinsi Bengkulu berdasarkan kekerabatan kosa kata setiap bahasa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan variasi bunyi konsonan dan vokal antara bahasa Muko-Muko, Pekal dan Serawai. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskripstif melalui analisis korespondensi bunyi. Data yang digunakan adalah 250 Kosakata dasar Swadesh dan Kern. Sumber data diambil dari 1-3 informan. Hasil penelitian menunjukkan variasi bunyi vokal meliputi : Perangkat korespondensi bunyi /a ~ E/, fonem /a/ yang merupakan bunyi vokal dalam bahasa Pekal dan Serawai berkorespondensi /E/ pada bahasa Muko�Muko. Perangkat korespondensi bunyi /a ~ o/, fonem /a/ merupakan bunyi dalam bahasa Muko-Muko dan Serawai berkorespondensi /o/ pada bahasa Pekal. Variasi Bunyi Konsonan meliputi : Perangkat korespondensi bunyi /g ~ ƞ/, fonem /g/ yang merupakan bunyi konsonan dalam bahasa Pekal dan Serawai berkorespondensi /ƞ/ pada bahasa Muko-Muko. Perangkat korespondensi bunyi /h ~ ?/, fonem /h/ merupakan bunyi dalam bahasa Muko-Muko dan Serawai berkorespondensi /?/ pada bahasa Pekal. Sejalan dengan penelitian terdahulu, presentase kekerabatan antara bahasa Muko-Muko dan Pekal yaitu 79 %, bahasa Muko-Muko dan Serawai yaitu 78 %, serta bahasa Pekal dan Serawai yaitu 73 %, 3 pasang bahasa daerah ini termasuk ke dalam tingkat keluarga (Family). Dapat ditarik kesimpulan, perlunya penelitian ini dilanjutkan berkenaan dengan linguistik historis komparatif (leksikostatistik & korespondensi bunyi) bahasa-bahasa daerah di Provinsi Bengkulu, terutama masih sedikit sekali dilakukannya penelitian dalam bidang Korespondensi Bunyi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:50
Last Modified: 06 Jul 2023 02:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12420

Actions (login required)

View Item View Item