Ningsih, Ayu Putri Permata and Amrizal, Amrizal and Sarwono, Sarwit (2019) BERBALAS PANTUN PADA PERNIKAHAN ETNIK SERAWAI KECAMATAN ULU TALO DESA PAGAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
THESIS.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskrpsikan proses dan makna berbalas pantun yang ada dalam adat pernikahan yang berlangsung di Kecamatan Ulu Talo Desa Pagar. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dan sedangkan metode yang digunakan adalah metode etnografi. Data yang ada di dalam ini adalah data berupa hasil pengamatan langsung pada lingkungan penelitian, dari hasil dokumentasi dan wawancara secara mendalam kepada informan mengenai berbalas pantun yang di tuturkan pada saat proses adat pernikahan masyarakat serawai Kecamatan Ulu Talo Desa Pagar yang sedang berlangsung dan juga untuk melestarikan adat budaya turun temurun dan selalu akan jatuh dari generasi ke genarasi agar tidak terlupakan oleh masyarakat dan juga untuk mengikat tali kekeluargaan dan bersosialisasi dengan masyarakat lainya. Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap tradisi berbalas pantun ini berbalas pantun juga di iringi dengan tarian�tarian daerah seperti tarian pecak silat,tari memanjo,tari saput tangan,tari kipas,dan tari mamanjo dan peroses ini tarian ini dilakukan setelah akad,belarak dan bersanding di pelaminandan di lakukan pada pagi hari pada pukul 08.00 wib sampai 11.00wib,Tradisi ini dilakukan pada saat acara ijab Qobul dan berbalas pantun ini termasukan kedalam tali persaudaraan. Kata Kunci: Berbalas Pantun ,tradisi, Bengkulu Selatan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:40 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12435 |
Actions (login required)
View Item |