ANALISIS WACANA KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PELAKSANAAN DEBAT KELAS X SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2019

Handayani, Tri Rizki Meri and Trianto, Agus and Ariesta, Ria (2019) ANALISIS WACANA KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PELAKSANAAN DEBAT KELAS X SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wacana kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada pelaksanaan debat kelas X SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini menggunakan catatan lapangan observasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru dan siswa pada pelaksanaan debat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini: (1) merekam data, (2) pentranskripsian data, (3) pengkodean data, (4) pengklasifikasian data, (5) analisis data, (6) penyimpulan data. Hasil penelitian ini dalam wacana kelas terdapat empat pola dalam peristiwa tutur pembelajaran yaitu Teacher Structuring terdapat delapan peristiwa diantaranya: tindak menyatakan, rasa syukur, ungkapan pujian, ungkapan kepuasan, tindak berusaha, tindak mendikte, penanaman kebiasaan tertib dan penumbuhan keterliban menyusun pertanyaan. Teacher Soliciting terdapat tiga puluh satu peristiwa diantaranya: tindak memberitahukan, memperkirakan, menegaskan, menyimpulkan, meyakini, rasa eling, ungkapan pembrian maaf, menjanjikan, mengajak, menjamin, memerintah, membatasi, menuntun, mensyaratkan, meminta, mengajak, mengundang, menasehati, mengigatkan, membolehkan, mengizinkan, menoleransi, kebiasaan sopan, menyusun jawaban, menyatakan pendapat, memberikan komentar, bekerjasama secara berpasanagan, bekerjasama secara klasikal dan rasa yakin. Learner Responding terdapat peristiwa tindak menolak dan Teacher Reacting terdapat dua belas peristiwa diantaranya: tindak menyetujui, mengakui, ungkapan kekhawatiran, ungkapan kekecewaan, permintaan maaf, mengancam, menginstruksi, memperingatkan, bertanya, menyarankan, kebiasaan disiplin, dan rasa berani. Kata kunci : Wacana kelas, pelaksanaan debat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:39
Last Modified: 06 Jul 2023 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12440

Actions (login required)

View Item View Item