Oktario, Arbi Septho and Ariesta, Ria and Gumono, Gumono (2019) PENGGUNAAN BAHASA DALAM PESAN WHATSSAPP: INTERAKSI MULTIMODAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
THESIS.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan bahasa dalam pesan whatssap : interaksi multimodal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah penggunaan emoji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu penggunaan bahasa dalam pesan whatsapp: interaksi multimodal yang ditinjau berdasarkan dari penggunaan teks visual, pemendekan kata. Hasil penelitian terdapat penggunaan teks visual berupa penggunaan simbol-simbol emoji sebanyak 20 karakter dalam 10 klasifikasi yaitu jempol, tertawa, malaikat, senyum, megejek, sedih, tertarik, tertawa sambil menangis, menyukai, memohon. Simbol jempol, makna simbol jempol disamping memiliki makna setuju, Simbol tertawa diatas memiliki makna lucu karena melihat atau mendengar sesuatu yang lucu, simbol malaikat diatas memiliki makna nasehat atau mendapat nasehat dari orang, makna simbol emoji senyum sambil mata tertutup diatas merupakan makna antusias terhadap sesuatu. simbol emoji senyum sambil mengeluarkan lidah ini merupakan makna mengetik atau membaca sesuatu yang aneh, makna simbol menangis diatas merupakan makna bersedih terhadap sesuatu, makna simbol tersenyum ini merupakan bahagia,senang terhadap sesuatu, makna simbol tersenyum sambil menangis ini merupakan bahagia,senang terhadap sesuatu, makna simbol in love ini merupakan tertarik terhadap sesuatu.terdapat pemendekan pada pesan whatsapp sebanyak 9 pemendekan baru. Kata kunci :Penggunaan Bahasa, Multimodal dan Whatsapp
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:39 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:39 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12444 |
Actions (login required)
View Item |