PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN INVENTARISASI JENIS CAPUNG DI AREA KAMPUS UNIVERSITAS BENGKULU

Yani, Rita Fitri and Karyadi, Bhakti and Ansori, Irwandi (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN INVENTARISASI JENIS CAPUNG DI AREA KAMPUS UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Universitas Bengkulu memiliki area beberapa area konservasi. area konservasi merupakan suatu area yang lingkungan disekitar masih tergolong bersih. Lingkungan memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran baik sebagai media, maupun sebagai sumber belajar. Penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman jenis capung yang berada di area konservasi Universitas Bengkulu. Potensi lingkungan ini akan dijadikan sebuah media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini mengacu pada model Reseaarch and Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 10 spesies (enam famili) capung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode jelajah. Rancangan pembelajaran LKPD ini rancangan pembelajaran outdoor dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dilakukan dengan 3 tahap yaitu, Introduksi, Eksplorasi, dan Interpretasi (IEI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) LKPD yang dikembangkan berkategori tinggi ( 80,3%); 2) hasil ujicoba LKPD terhadap peserta didik secara kelompok sangat baik (87,92); 3) hasil ujicoba LKPD terhadap peserta didik melalui test berkategori sangat baik (80,3%). Dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dari hasil hasil validasi dan uji coba tersebut, LKPD berdasarkan inventarisasi jenis-jenis capung yang ada di area konservasi Universitas Bengkulu layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi keanekaragaman hayati kelas X tingkat SMA. Kata kunci : Area Konservasi UNIB, LKPD, Capung, Nilai Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12481

Actions (login required)

View Item View Item