Nugraha, Satria and Yani, Ariefa Primair and Rahman, Abdul (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN STUDI IDENTIFIKASI TUMBUHAN OBAT DESA CAHAYA NEGERI KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
THESIS.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan obat desa Cahaya Negeri kabupaten Rejang Lebong, mengetahui bagian tumbuhan yang digunakan, cara pengolahan dan untuk melihat keterbacaan LKPD yang telah dikembangkan berdasarkan uji validasi LKPD dan uji keterbacaan pada peserta didik kelas Xmia 2 SMAN 09 Rejang Lebong dengan materia pada penelitian ini yaitu materi keanekaragaman hayati subbab manfaat keanekaragaman hayati sebagai bahan obat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan mengembangan (R&D) dengan langkah utama Borg and Gall yang telah dimodifikasi yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk LKPD, validasi desain, revisi desain dan uji keterbacaan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi lapangan, lembar wawancara, lembar angket validasi. Berdasarkan penelitian didapatkan 74 jenis tanaman obat yang terbagi menjadi 38 famili tanaman. Penggunaan LKPD dalam pembelajaran dikatakan “Layak” dengan hasil validasi mendapat nilai rata-rata 92 % dengan krriteria “sangat valid” dan hasil uji keterbacaan mendapatkan rata-rata nilai 95% dengan kriteria ‘’sangat layak’’. Dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan judul keanekaragaman jenis tumbuhan obat ‘’Layak’’ digunakan dalam pembelajaran. Kata pengantar: LKPD, Tumbuhan Obat, Uji Keterbacaan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:25 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:25 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12483 |
Actions (login required)
View Item |