STUDI PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Manalu, Christin Merlin Junita and Dharmayana, I Wayan and Sinthia, Rita (2018) STUDI PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar siswa yang ditinjau dari intensitas penggunaan media sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah empat kelas dari kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu, yang telah dirandom. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan pada siswa kelas VIII yang ditinjau dari intensitas penggunaan media sosial. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis dengan uji beda (t-test) thitung = 3,217, dengan p = 0,002, dan ttabel = 1,65481, maka thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya Ada perbedaan motivasi belajar siswa yang intensitas penggunaan media sosialnya tinggi dengan siswa yang intensitas penggunaan media sosialnya rendah. Kata Kunci : Motivasi belajar, Intensitas penggunaan media sosial

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:54
Last Modified: 07 Jul 2023 00:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item