PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS CYBER-COUNSELING VIA WHATSAPP TERHADAP KETERBUKAAN DIRI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING SEMESTER 4A UNIVERSITAS BENGKULU

Puspita, Dinda and Elita, Yessy and Rita, Sinthia (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS CYBER-COUNSELING VIA WHATSAPP TERHADAP KETERBUKAAN DIRI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING SEMESTER 4A UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok berbasis cybercounseling via WhatsApp terhadap keterbukaan diri mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling semester 4A Universitas Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling semester 4A yang berjumlah 32 orang. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 7 orang mahasiswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterbukaan diri meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok berbasis cybercounseling via WhatsApp, hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai t = -12,847 dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar.000 yang berarti 000<0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pengaruh layanan konseling kelompok berbasis cybercounseling via WhatsApp terhadap keterbukaan diri mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling semester 4A Universitas Bengkulu. Kata kunci: Konseling Kelompok, keterbukaan diri, cybercounseling, WhatsApp

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:04
Last Modified: 07 Jul 2023 04:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item