PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL KELAS VII B DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Fauzan, Ilyatul and Dharmayana, I Wayan and Arsyadani, Mishbahuddin (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL KELAS VII B DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII B SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yaitu sebanyak 21 siswa dengan sampel 10 orang siswa yang memiliki skor kecerdasan spiritual rendah, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria hasil persentasi skor kecerdasan spiritual yang rendah. Adapun kriteria tersebut adalah siswa yang belum mampu memahami diri sendiri, belum mampu memaknai dari peristiwa terjadi, rendahnya kesadaran akan diri sendiri dan lingkungan sekitar, belum memiliki keberanian untuk maju, belum bisa menghargai atau menerima suatu perbedaan, dan belum mampu mengendalikan masalah atau konflik. Kemudian dari 10 sampel siswa yang memiliki skor kecerdasan spiritual yang rendah, akan diberikan treatment berupa bimbingan kelompok, setelah diberi bimbingan kelompok siswa diberi angket posttest dengan tujuan apakah ada perubahan atau pengaruh dari layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap kecerdasan spiritual siswa. Data kecerdasan spiritual yang diambil dengan menggunakan metode kuesioner. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, pengujian hipotesis menggunakan uji Z diperoleh nilai Z = -2.848 (p<0,05) maka H0 ditolak, Artinya ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap kecerdasan spiritual siswa. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Bermain Peran, Kecerdasan Spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:05
Last Modified: 07 Jul 2023 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12513

Actions (login required)

View Item View Item