ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN JUST IN TIME (JIT) (Studi Kasus: Instalasi Farmasi RSUD DR. M.Yunus Bengkulu)

Ningsih, Herin Zetiara and Fauzi, Yulian and Zulfia, Memi Mayasari (2022) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN JUST IN TIME (JIT) (Studi Kasus: Instalasi Farmasi RSUD DR. M.Yunus Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI__HerinZN_.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rumah Sakit DR. M. Yunus (RSMY) Bengkulu merupakan rumah sakit rujukan tertinggi di Provinsi Bengkulu. Salah satu bagian penting di rumah sakit adalah instalasi farmasi yang berfungsi untuk mengelola persediaan obat. Pengelolaan persediaan obat di RSMY perlu penanganan yang tepat dan akurat, sehingga ketika dibutuhkan, instalasi farmasi dapat segera menyediakan obat tepat waktu. Pengendalian persediaan obat dapat diselesaikan dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Just In Time (JIT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pengelompokan obat dengan menggunakan metode Analisis ABC, mengetahui model pengendalian persediaan obat dengan menggunakan metode EOQ dan JIT, serta mengetahui perbandingan metode EOQ dan JIT di RSMY Bengkulu. Data penelitian diperoleh dari instalasi farmasi RSMY Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Just In Time (JIT) dalam penelitian ini mampu menghasilkan solusi yang lebih baik, dibandingkan metode Economic Order Quantity (EOQ), karena metode JIT dalam pengendalian persediaan dapat meminimumkan biaya persediaan dan memperoleh kuantitas pemesanan optimum. Kata Kunci: Pengendalian Persediaan, Economic Order Quantity , Just In Time

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:36
Last Modified: 10 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12562

Actions (login required)

View Item View Item