PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 8 REJANG LEBONG PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Anisa, Anisa and Medriati, Rosane and Desi, Hanisa Putri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 8 REJANG LEBONG PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep dan hasil belajar pada konsep momentum dan impuls antara siswa yang diajar dengan model quantum learning dan siswa yang diajarkan dengan model direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel Penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol SMAN 8 Rejang Lebong. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan tes pemahaman konsep dan hasil belajar berupa soal uraian pada konsep momentum dan impuls. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep dengan model Quantum Learning dengan rata-rata 80,45 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran direct instruction dengan rata-rata 60,12 dan t hitung pemahaman konsep 9,71 yang lebih besar dari t tabel yaitu 1,67155 dan hasil belajar dengan model Quantum Learning menggunakan nilai rata-ratanya 80,61 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata 57,29 dengan t hitung hasil belajar 8.68 yang lebih besar dari t tabel pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan hasil belajar model Quantum Learning pada siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 8 Rejang Lebong yang berarti terdapat pengaruh quantum learning. Kata Kunci: quantum learning, pemahaman konsep, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:34
Last Modified: 10 Jul 2023 03:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12572

Actions (login required)

View Item View Item