ANALISA SUHU HOT SPOT PADA BUSHING TRANSFORMATOR MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (STUDI KASUS GARDU INDUK PEKALONGAN, KEPAHIANG)

Nugraha, Andi and Herawati, Afriyastuti and M., Khairul Amri Rosa (2022) ANALISA SUHU HOT SPOT PADA BUSHING TRANSFORMATOR MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (STUDI KASUS GARDU INDUK PEKALONGAN, KEPAHIANG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Andi Nugraha (G1D017004).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Keandalan transformator daya bergantung pada kinerja dari bushing transformator. Bushing transfomator yang mengalami kondisi panas atau suhu yang tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kegagalan bushing. Kegagalan bushing dapat mengakibatkan kerusakan seperti pecahnya tangki konservator, ledakan, dan kebakaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui suhu hot spot pada bushing transformator di Gardu Induk (GI) Pekalongan agar menghindari terjadinya kerusakan pada transformator itu sendiri. Metode yang digunakan untuk menganalisa suhu hot spot pada bushing transformator yaitu elemen hingga. Metode elemen hingga dilakukan dengan membagi bagian-bagian bushing menjadi elemen-elemen kecil untuk dilakukan perhitungan sehingga didapatkan nilai suhu hot spot pada bushing transformator. Dimensi bushing transformator digambar dengan menggunakan software Autocad. Dimensi bushing transformator yang sudah digambar dengan software autocad kemudian dipindahkan ke software COMSOL untuk dianalisa dengan menggunakan metode elemen hingga. Hasil suhu hot spot tertinggi pada bushing transformator yang dilakukan empat kali percobaan dengan menggunakan metode elemen hingga ialah sebesar 59.85 ℃ . Berdasarkan standar IEEE, suhu hot spot tidak boleh lebih dari 105 ℃, hal ini menjelaskan bahwa hasil suhu hot spot yang disimulasi masih dalam kategori normal karena suhu yang dihasilkan di bawah batas suhu yang ditetapkan. Kata Kunci : Bushing transformator, suhu hot spot, elemen hingga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:46
Last Modified: 10 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12575

Actions (login required)

View Item View Item