Rancang Bangun Alat Pengukur Mutu Buah Jambu Kristal dengan Parameter Berat dan Total Padatan Terlarut (TPT) Menggunakan Prinsip Fluoresensi

Fachrozi, Idul and Rinaldi, Reza Satria and Faisal, Hadi (2022) Rancang Bangun Alat Pengukur Mutu Buah Jambu Kristal dengan Parameter Berat dan Total Padatan Terlarut (TPT) Menggunakan Prinsip Fluoresensi. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_IDUL FACHROZI_(G1D017003).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jambu biji merupakan produk hortikultura penting di beberapa negara tropika karena kaya akan manfaat salah satunya Jambu Varietas Kristal. Dalam proses panen terdapat pengendalian mutu buah diantaranya, perlu menetapkan berat dan total padatan terlarut (TPT) dengan nilai TPT diukur menggunakan alat refraktometer. Pada penggunaan alat ukur ini dilakukan secara destruktif maka diharapkan dapat dilakukan perancangan alat yang dapat mengelompokkan total padatan terlarut (TPT) yang dapat mengklasifikasi standar mutu buah secara non destruktif. Metode klasifikasi Naive Bayes digunakan untuk mengukur tingkat kemanisan dari total padatan terlarut (TPT) menggunakan prinsip fluoresensi dari sensor Adafruit AS7262 dengan cahaya eksitasi dari UV LED 365nm menghasilkan akurasi 86,66%. Selanjutnya dilakukan pengelompokan ukuran buah dari beratnya menggunakan sensor load cell menjadi besar, sedang dan kecil. Berdasarkan pengujian 15 sampel mendapatkan hasil yang sesuai dengan nilai rata- rata eror pengukuran berat buah sebesar 0,40%. Pada keluaran tingkat kemanisan dan ukuran buah Jambu Kristal maka dapat diidentifikasi mutu buah Jambu Kristal menjadi Grade A, Grade B dan Grade C dengan tingkat akurasi sebesar 86,66% yang memiliki kesamaan dengan akurasi dari klasifikasi TPT dikarenakan identifikasi mutu buah dipengaruhi oleh parameter berat dan klasifikasi TPT menggunakan metode Naive Bayes. Hasil pembacaan tidak dipengaruhi oleh kondisi intensitas cahaya dengan rata-rata waktu pembacaan 8,08 detik. Kata kunci: Adafruit AS7262, fluoresensi, Jambu Kristal, load cell, Naive Bayes, total padatan terlarut (TPT)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:47
Last Modified: 10 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12581

Actions (login required)

View Item View Item