Utami, Ferina Putri and Mediatri, Rosane and Henny, Johan (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMENT ASSESSMENT BERBASIS REPRESENTASI UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN KONSEP HUKUM NEWTON DI KELAS X MIPA SMAN 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan level 1 yang dilaksanakan dalam 5 tahap yaitu potensi masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain dan desain teruji. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Menghasilkan desain Instrument Assessment berbasis representasi pada materi Hukum Newton dan 2) Mendeskripsikan penguasaan konsep siswa pada Materi Hukum Newton kelas X MIPA di SMAN 3 Kota Bengkulu dengan menggunakan instrumen assessment berbasis representasi. Sumber data penelitian ini yaitu siswa dan guru SMAN 3 Kota Bengkulu. validasi desain dilakukan oleh 3 judgment ahli untuk menilai produk yang telah dikembangkan dari aspek Content, aspek Editorial dan aspek Construk. Berdasarkan hasil uji validasi aspek Content didapat hasil persentase 76,5%, aspek Editorial didapat hasil persentase 83% dan aspek Construk didapat hasil persentase 79% dengan kategori sangat valid. Uji reliabilitas aspek Content reliabilitas dengan koefisien 0,88, aspek Editorial reliabilitas dengan koefisien 0,80 dan aspek Construk reliabilitas dengan koefisien 0,88 dengan reliabilitas tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrument assessment berbasis representasi untuk mengukur penguasaan konsep Hukum Newton di Kelas X MIPA SMAN 3 Kota Bengkulu yang dikembangkan sudah valid dan reliabel dengan kriteria baik. Dari hasil uji terbatas yang dilakukan terhadap 15 siswa di kelas X MIPA 1 didapat skor tertinggi 73 dengan skor terendah 43 dengan rata-rata 63. Kata kunci: Instrumen assessment, Representasi, Penguasaan Konsep, Hukum Newton
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12597 |
Actions (login required)
View Item |