Juniadinissjah, Meli and Nirwana, Nirwana and Eko, Risdianto (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBASIS ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI MELI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan mengetahui respon siswa siswa setelah diterapka Model Direct Instruction berbasis etnosains dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Sampel penelitian diambil menggunakam teknik sampling purposive yang diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan N-gain menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0.73 yang artinya mengalami capaian yang tinggi dan bedasarkan hasil analisis Uji-T dua sampel independen menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa, yaitu thitung 3.82 > ttabel 2.00, dan respon siswa memperoleh 92% siswa kelas eksperimen memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan Model Direct Instruction berbasis etnosains. Sehingga disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan penggunaan Model Direct Instruction berbasis etnosains dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci: Etnosains, Model Direct Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Respon siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12600 |
Actions (login required)
View Item |