Harjilah, Niki and Medriati, Rosane and Dedi, Hamdani (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI NIKI HARJILAH.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh yang signifikan siswa yang diajar dengan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika dan mendeskripsikan berapa besar pengaruh model inkuiri terbimbing tehadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitan quasy experiment dengan desain nonequivalent control group desain. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu semester genap 2018/2019 pada konsep usaha dan energi. Untuk pengujian data digunakan instrumen keterampilan berpikir kritis, yang berbentuk esai berjumlah enam soal. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor keterampilan berpikir kritis meningkat dikelas eksperimen. Jadi dari hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika siswa SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Besar effect size model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 3,2 dengan pengaruh 94,2%. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12604 |
Actions (login required)
View Item |