PENGEMBANGAN PERFORMANCE ASSESMENT UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KELAS X MELALUI PRAKTIKUM MOMENTUM DAN IMPULS

Destari, Sofi Purnama and Johan, Henny and Andik, Purwanto (2019) PENGEMBANGAN PERFORMANCE ASSESMENT UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KELAS X MELALUI PRAKTIKUM MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SOFI (A1E015030).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development dengan tipe rancangan Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan seperangkat asesmen kinerja pengukur keterampilan proses sains peserta didik yang valid dan reliabel pada praktikum momentum dan impuls. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X MIA. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu: 1) tahap penelitian dan pengumpulan data, 2) tshap perencanaan, 3) tahap pengembangan, dan 4) tahap uji lapangan. Validasi desain dilakukan dengan uji validasi oleh ahli ditinjau dari aspek materi dengan presentase yang didapatkan sebesar 82%, aspek konten dengan persentase sebesar 83%, dan aspek Bahasa dengan persentase sebesar 80% dan dinyatakan valid pada uji validasi. Perangkat penialian kinerja ini juga memiliki reliabilitas yang reliabel dengan nilai koefisien 0.82 untuk aspek materi, untuk aspek konten nilai koefisien reliabilitas sedang pada 0,80 dan untuk aspek bahasa nilai koefisien 0.79 pada kategori tinggi dan nilai koefisien reliabilitas 0,6 pada uji terbatas. Sehingga dapat disimpulkan perangkat penilaian kinerja keterampilan proses sains ini valid dan reliabel. Kelayakan dari pengembangan Performance Assessment untuk mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) adalah layak digunakan. Dengan mendapat kelayakan sebesar 81% pada uji validasi ahli, 72,22% pada hasil observasi, 67% dari hasil tes KPS, 87,78% pada hasil asesmen kinerja. Pengembangan Performance Assessment untuk mengukur Keterampilan Proses Sains mendapatkan respon positif sebesar 83% dari guru dan 81% repon positif dari siswa. Kata Kunci: Instrumen tes Keterampilan Proses Sains, Performance Assessment, Momentum dan Impuls

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:47
Last Modified: 10 Jul 2023 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12625

Actions (login required)

View Item View Item