PERBANDINGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN CORE DI SMAN 2 KOTA BENGKULU

Utari, Citra and Rohiat, Salastri and Nurhamidah, Nurhamidah (2019) PERBANDINGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN CORE DI SMAN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CITRA UTARI NPM A1F015013.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar kimia siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan CORE pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu T.P 2018/2019. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu 243 siswa dari 6 kelas dan sampel 60 siswa dari 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), selisih nilai pretest dan postest, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Data hasil belajar kimia siswa diperoleh dari nilai pretest dan nilai postest dimana nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif untuk kelas STAD dan CORE adalah 52,2 dan 46,333. Sedangkan minat belajar kimia siswa pada kedua kelas memperoleh presentase sebesar 82,774% dikategorikan sangat baik dan 77,617% dikategorikan baik. Hasil uji t dengan taraf signifikan (α=0,05), didapatkan nilai untuk t hitung> t tabel yaitu 2,286 > 1,672 dan 1,970 > 1,672 untuk minat belajar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CORE. Kata Kunci : Hasil Belajar, Minat Belajar, STAD, CORE

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:45
Last Modified: 10 Jul 2023 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12638

Actions (login required)

View Item View Item