ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KONSEP REDOKS MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Yuniarti, Endah and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2019) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KONSEP REDOKS MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ENDAH YUNIARTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa kelas X IPA pada konsep reaksi redoksi di SMAN 9 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian dilaksanakan pada tanggal15 April s.d 24 Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling melalui undian dari seluruh siswa kelas X IPA SMA N 9 Kota Bengkulu sebanyak 67 orang sehingga didapatkan 30 orang sampel siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes esai disertai dengan metode Certainty of Response Index (CRI) serta wawancara. Berdasarkan hasil analisis data penelitian siswa mengalami miskonsepsi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan persentase miskonsepsi yang terjadi pada siswa sebesar 35,7% secara keseluruhan. Miskonsepsi muncul pada semua sub konsep dalam materi konsep redoks yakni miskonsepsi tertinggi terjadi pada sub konsep penentuan bilangan oksidasi dalam molekul dan ion yaitu sebesar 46% dan miskonsepsi terendah terjadi pada sub konsep pengertian oksidasi dan reduksi dalam reaksi redoks ditinjau dari perubahan bilangan oksidasi yaitu sebesar 23%.. Berdasarkan hasil wawancara, penyebab miskonsepsi siswa berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari siswa seperti pemikiran assosiatif siswa, apresepsi dan intuisi siswa yang salah, kemampuan siswa yang kurang, rendahnya motivasi dan minat belajar siswa selama proses pembelajaran, cara belajar siswa, dan tingkat kepercayaan diri siswa pada nilai CRI dan faktor eksternal seperti metode pembelajaran yang digunakan dan keterbatasan sumber belajar. Kata Kunci: Miskonsepsi, penyebab miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Reaksi Reduksi Oksidasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12644

Actions (login required)

View Item View Item