PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Pratiwi, Ghea Sefriza and Bahar, Amrul and Rina, Elvia (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi fix 3.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perbandingan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap minat dan hasil belajar kimia pada materi hukum dasar kimia di kelas X MIA SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian jenis eksperimen semu. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Secara umum kedua model pembelajaran ini mampu meningkatkan minat dan hasil belajar kimia siswa, dimana diperoleh minat belajar kimia siswa pada kedua kelas memperoleh persentase sebesar 80,5% untuk model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan 76,6% untuk model pembelajaran Creative Problem Solving sedangkan nilai N-Gain score pada kelas Think Talk Write (TTW) sebesar 0,78 dan pada kelas Creative Problem Solving sebesar 0,62. Hasil uji t pada aspek afektif didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,015 dan pada aspek kognitif sebesar 0,001. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada minat dan hasil belajar kimia yang menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Creative Problem Solving. Kata Kunci:Minat Belajar, Hasil Belajar Think Talk Write, Creative Problem Solving

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

View Item View Item