PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Quasi Experiment Research)

Permata, Intan and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Quasi Experiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi yaitu kelas XI MIPA di MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 131 siswa dan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang diperoleh melalui uji normalitas dan homogenitas. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2019. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, N-Gain score dan uji hipotesis. Peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dilihat dari nilai N-Gain score, sedangkan hasil belajar aspek afektif dan psikomotor dilihat dari lembar observasi. Data hasil belajar kimia siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dengan selisih hasil belajar untuk kelas eksperimen I adalah 45,161 dan kelas eksperimen II adalah 49,091, berdasarkan dari nilai pre-test dan post-test didapatkan N-Gain score dimana N-Gain score untuk kelas eksperimen I sebesar 0,579 dan kelas eksperimen II sebesar 0,689. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikan (α=0.05) maka didapatkan nilai untuk signifikansi > 0.05 yaitu 0.514. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dan kelas eksperimen yang menggunakan model inkuiri bebas termodifikasi. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Audio-Visual

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12649

Actions (login required)

View Item View Item