“PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH DI KELAS XI MIPA SMAN 01 BENGKULU TENGAH”

Safitri, isnaini and Handayani, Dewi and Salastri, Rohiat (2019) “PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH DI KELAS XI MIPA SMAN 01 BENGKULU TENGAH”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ISNAINI SAFITRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap penuntun praktikum kimia berbasis Learning Cycle 5E menggunakan program Adobe Flash yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket validasi ahli materi dan media, angket keterbacaan dan respon siswa pada uji pemakaian produk. Hasil validasi ahli materi didapatkan bahwa penuntun praktikum kimia yang dikembangkan memperoleh angka 4,42 sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh angka 4,65 yang berada pada rentang nilai 4,2  V < 5 yang termasuk dalam klasifikasi sangat valid. Pada uji coba keterbacaan diperoleh skor rata-rata sebesar 4,28 dan pada uji pemakaian produk untuk mengetahui respon siswa terhadap penuntun yang dikembangkan memperoleh rata-rata sebesar 4,28 yang termasuk dalam klasifikasi sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum kimia berbasis Learning Cycle 5E menggunakan program Adobe Flash yang telah dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Penuntun Praktikum Kimia, Learning Cycle 5E, Adobe Flash, Hidrolisis Garam

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12650

Actions (login required)

View Item View Item